Honda akan membuat alat untuk membantu manusia berjalan

Honda, perusahaan yang dikenal sebagai pembuat mobil dan motor kini mulai menggali potensi baru dengan membuat sebuah alat yang dapat membantu berjalan manusia. Alat itu dapat digunakan oleh mereka yang cacat secara fisik, mereka yang sudah jompo atau pun mereka yang pemalas.

Alat tersebut berbentuk seperti sabuk dan memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan dengan menambahkan energi ketika digunakan ketika berjalan.

Honda siap untuk mendemonstrasikan prototipe alat tersebut dalam ajang 2009 Society of Automotive Engineers World Congress, yang akan berlangsung pada tanggal 20-23 April 2009 di Cobo Centert kota Detroit.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

Perangkat bantu untuk berjalan yang akan diluncurkan Honda sudah dikembangkan selama sepuluh tahun, dengan mempelajari dan mencari cara bagaimana secara teknik membuat manusia untuk berjalan.

Perangkat yang dinamakan Stride Management Assist itu adalah sebuah perangkat ringan yang dipakai di pinggul yang cocok digunakan oleh mereka yang memiliki otot kaki yang kurang kuat, tapi masih mampu untuk berjalan sendiri. Perangkat tersebut mengumpulkan informasi tentang pergerakan jalan pengguna dari sensor yang dipasang di pinggul. Dengan informasi yang didapatkan, sebuah CPU yang tersimpan di perangkat itu akan menghitung seberapa besar dan kapan bantuan yang diperlukan oleh si pengguna. Hal ini memungkinkan siapa saja yang menggunakan perangkat itu untuk memanjangkan langkahnya dan  pengguna untuk memanjangkan langkah dan mengatur kecepatan berjalannya serta membuatnya lebih mudah untuk bergerak.

Berikut ini adalah spesifikasi dari perangkat buatan Honda tersebut:

Perangkat Stride Management Assist hadir dengan tiga ukuran (kecil, sedang dan besar) dengan jarak antara motor-motornya sekitar 312mm untuk yang berukuran besar, 342mm untuk yang berukuran sedang dan 372mm untuk yang berukuran kecil.

  • Berat: 6lbs (2.8kg) yang berukuran sedang
  • Sistem drive (motor/rasio pengurangan): Motor Brushless DC/10
  • Tipe baterai: Baterai lithium ion/ 22.2V-1Ah
  • Waktu penggunaan tiap kali di-chass: dua jam (saat digunakan berjalan 4.5km/jam.
  • Alat bantu berjalan Honda
  • Bookmark/Search
    Info Penulis
    Joko supriyanto
    Author: Joko supriyantoEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    Artikel yang ditulis

    Artikel terkait Lainnya

    Artikel Lainnya

    TENTANG KAMI

    MA Negeri 2 Bantul atau MAN 2 Bantul (dahulu bernama MAN Sabdodadi Bantul) merupakan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) atau SMA (Sekolah Menengah Umum) berbasiskan ajaran agama Islam. Program unggunan Keterampilan Multimedia, Otomotif, APHP, Kriya Logam, Tata Busana. VISI Terwujudnya Madrasah yang Unggul Terampil Inovatif Agamis RamaBerwawasan Global dan Santun disingkat MUTIARA BANGSA. Sekolah ini berada di Jl. Parangtritis km 10,5 Bantul. Anda bisa menghubungi kami dengan telepon ke (0274) 367158

     

    Peta Lokasi

    Top