Dunia NFT, digunakan MAN 2 BANTUL sebagai tempat pameran karya siswa

nft man2bantul

Ghozali effect salah satu fenomena yang menarik di Indonesia di awal tahun 2022. Ternyata Ghozali effect membuat masyarakat mulai tertarik masuk ke dunia NFT, yang jadi masalah masyarakat ada yang belum begitu paham seputar NFT, Seakan - akan NFT itu seperti marketplace Tokopedia, Shoope, Bukalapak dan lain-lain. Parahnya lagi masyarakat melakukan pelanggarann hakcipta dimana yang di upload bukan hasil karya sendiri atau mengupload gambar yang ternyata pengupload tidak memiliki hak untuk mempublikasikan karya tersebut sehingga hak-hak yang harus di terima pemilik tidak dapat diberikan. Bahkan ada pelanggaran data pribadi karena yang di upload foto KTP, KK dan lain-lain. Sehingga website ini bisa menjadi salah satu literatur bagi para pembaca yang ingin mengetahui dunia NFT atau mau terjun di dunia NFT Oleh karena itu, mari kita bahas lebih dalam pemahaman tentang dunia NFT di web MAN 2 BANTUL.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

Mengenal Apa Itu NFT

Sederhananya, Token NonFungible atau NFT adalah satu-satunya aset digital yang Anda miliki. Sebagian besar NFT menggunakan teknologi blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi pada mereka. NFT mewakili komoditas berharga atau unik dengan nilai tukar yang tidak dapat diubah. Item yang bisa dijual sebagai NFT bisa berupa artwork seperti aset game, foto, video, musik, dan lain-lain. Anda juga dapat mengonversi materi digital ke NFT. Harga jual tergantung pada faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas, keunikan, cerita dibalik karya dan kemasyhuran sang seniman.

NFT adalah platform baru untuk media koleksi digital. Dimana NFT bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung artis seperti entertainer, musisi dan atlet. NFT menawarkan penghargaan besar kepada artis, musisi, pencipta, dan influencer dari investor yang bersedia membayar untuk aset NFT mereka. NFT adalah platform baru untuk media koleksi digital. Dimana NFT bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung artis seperti entertainer, musisi dan atlet. NFT menawarkan penghargaan besar kepada artis, musisi, pencipta, dan influencer dari investor yang bersedia membayar untuk aset NFT mereka. Jadi apakah ada perbedaan antara keduanya?

Perbedaan NFT dengan Uang Kripto

NFT buka uang krypto, NFT memang menggunakan teknologinya uang krypto yaitu blockchain, bentuk dan cara penggunaan juga sangat berbeda seperti uang kripto yang menggunakan teknologi serupa yaitu blockchain, contohnya Bitcoin, etherium, Shiba Inu, doge dan lain-lain. Aset kripto  seperti Bitcoin mirip seperti uang fisik dimana keduanya memiliki nilai tukar yang sama dan dapat ditukar. Misalnya,uang senilai Rp 50.000 akan selalu memiliki nilai tukar Rp 50.000. Demikian pula 1 Bitcoin juga bernilai 1 Bitcoin.

Berbeda dengan aset digital NFT, di mana aset tidak memiliki nilai tukar yang sama. Setiap NFT memiliki tanda tangan digital yang tidak memungkinkan pertukaran dengan NFT lainnya. Artinya satu NFT tidak memiliki nilai yang sama dengan klip NFT lainnya. Setiap aset NFT dibuat hanya sekali dan tidak dapat ditukar dengan NFT lainnya. Ini karena NFT tidak memiliki nilai yang setara. Jika pemilik memiliki kepemilikan penuh, kepemilikan NFT adalah mutlak. NFT tidak dapat dipecah menjadi denominasi yang lebih kecil seperti jenis cryptocurrency lainnya atau seperti uang kertas. NFT memiliki beberapa keunggulan, salah satunya terkait dengan tingkat otentikasi. Konsep NFT memungkinkan pembeli untuk memiliki barang asli tanpa ada yang menyalinnya. Tak hanya itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan berupa sertifikat.

Mudahnya NFT itu bisa memberikan tanda berupa hakcipta karya digital sehingga karya digital tersebut tidak mudah untuk diakui orang lain. Sebelum adanya NFT ini karya digital masih sulit untuk diberikan hak cipta sebagai kepemilikan yang dapat dibuktikan secara mudah dan cepat.

Menggunakan teknologi blockhain untuk membuat tanda tangan secara digital yang menandakan bahwa karya digital tersebut memiliki pemilik yang sah sehingga NFT bisa digunakan untuk menandai bahwa karya yang diunggah dalam bentuk digital bisa dibuatkan hak cipta. NFT adalah cara mendapatkan hak cipta karya digital secara mudah, murah karena gratis, cepat, efektif dan efisien

Alasan MAN 2 BANTUL masuk ke dunia NFT

Silahkan para pembaca menyimak tulisan ini secara seksama sehingga tidak terjadi salah persepsi. NFT pembayarannya menggunakan uang krypto tapi jangan langsung berkesimpulan haram dulu, sebaiknya membaca secara tuntas setelah itu silahkan pembaca melakukan sikap.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

Galeri NFT MAN 2 BANTUL sebagai ajang pameran karya siswa 24 jam Nonstop

Dengan memasukkan karya siswa di MAN 2 BANTUL di marketplace NFT maka secara tidak langsung MAN 2 BANTUL membuka galeri secara virtual karya yang dibuat oleh siswa MAN 2 BANTUL. Pembukaan galeri secara fisik jelas akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, ditambah lagi MAN 2 BANTUL sudah tidak memiliki lahan untuk pembuatan galeri sebagai tempat ajang mempertotonkan hasil karya siswa atau menontonkan foto-foto yang membawa nama harum MAN 2 BANTUL. Dengan memasukkan karya di NFT maka MAN 2 BANTUL dapat keuntungan ganda diantaranya :

  1. Sebagai bentuk promosi madrasah ke masyarakat
  2. Menghargai dan memberikan kenangan siswa dan siswi yang mengharumkan nama MAN 2 BANTUL
  3. Hasil karya MAN 2 BANTUL bisa diberikan nilai secara ekonomi
  4. Mengedukasi kemasyarakat seputar Blockchain dan uang krypto.
  5. Mengedukasi ke masyarakat bahwa NFT adalah karya seni, tidak boleh melanggar hak cipta dan semua yang terkait didalamnya harus mendapatkan manfaat dan tidak saling merugikan, contohnya bisa melihat galleri NFT MAN 2 BANTUL.
  6. Hasil penjualan NFT bisa digunakan untuk memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi  dan membantu siswa yang kesulitan pembiayaan.
  7. Memotivasi warga MAN 2 BANTUL untuk kreatif dan terus berkarya
  8. di NFT menggunakan Smart Contract sehingga kepengurusan hak cipta, pembayaran bisa berjalan secara otonom tanpa bantuan manusia, pengacara semua dijalankan oleh mesin

Klik Galleri NFT MAN 2 BANTUL di OpenSea
Klik Galleri NFT di WEB MAN 2 BANTUL

MAN 2 BANTUL masuk ke NFT sudah dikaji cukup lama

Perlu diketahui para pembaca yang budiman, bahwa penulis memasukkan MAN 2 BANTUL di NFT dengan kajian yang lama serta menunggu aturan atau arahan dari pemerintah indonesia khususnya dari KOMINFO, penulis sendiri juga berkecimpung di dunia blockchain dan NFT >>Klik NFT PENULIS<<. Kebetulan saat ada Ghozalli effect KOMINFO pada Minggu, 16 Januari 2022 mengeluarkan SIARAN PERS NO. 9/HM/KOMINFO/01/2022. Tentang Pengawasan Kementerian Kominfo terhadap Kegiatan Transaksi Non-Fungible Token (NFT) di Indonesia dengan >>link dapat diakses disini<< . Penulis berinisiatif untuk memasukkan MAN 2 BANTUL di NFT karena aturannya sudah jelas dan sudah sesuai dengan arahan dari KOMINFO.

Menyikapi Fenomena Haram untuk uang krypto

Sebagai umat muslim maka FATWA MUI sangat perlu diperhatikan karena sebagai umat muslim ulama adalah pegangan hidup. Keputusan Fatwa Hukum Uang Kripto atau Cryptocurrency di Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia ke-7 yang digelar pada 9-11 di Jakarta >>Klik Link ini<<. ketentuannya adalah :

  1. "Penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang hukumnya haram, karena mengandung gharar, dharar dan bertentangan dengan Undang-Undang nomor 7 tahun 2011 dan Peraturan Bank Indonesia nomor 17 tahun 2015". Fatwa ini sebenarnya menguatkan pemerintah karena alat pembayaran yang sah di Indonesia adalah rupiah, masyarakat tidak diperbolehkan membeli barang selain rupiah misal pakai emas, bitcoin, etherium dan lain lain. Solusinya adalah hasil penjualan NFT dalam uang krypto ETHERIUM maka harus di Rupiahkan dulu sebelum hasil penjualan NFT untuk membeli barang atau membeli kebutuhan, sehingga TIDAK HARAM karena belinya sudah pakai uang Rupiah.
  2. "Cryptocurrency sebagai komoditi/aset digital tidak sah diperjualbelikan karena mengandung gharar, dharar, qimar dan tidak memenuhi syarat sil’ah secara syar’i, yaitu: ada wujud fisik, memiliki nilai, diketahui jumlahnya secara pasti, hak milik dan bisa diserahkan ke pembeli". Solusinya adalah hasil penjualan NFT dalam uang krypto ETHERIUM langsung di rupiahkan sehingga tidak memiliki aset krypto dalam bentuk digital karena sudah dalam wujud fisik yaitu uang rupiah dan NFT bukan uang krypto tapi hanya sebagai tanda secara digital bahwa karya digital adalah miliknya dan bukan milik orang lain, maka NFT  TIDAK HARAM.

Perlu diketahui para pembaca bahwa

Muhammadiyah

"Majelis Tarjih menyadari bahwa fatwa itu bersifat dinamis karena merupakan respon terhadap pertanyaan yang diajukan oleh mustafti (peminta fatwa). Oleh karena itu, fatwa keagamaan akan selalu tumbuh dan berkembang bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya umat Islam," tulis Muhammadiyah LINK Info klik disini

Nahdatul Ulama

"Lembaga Bahtsul Masail NU Daerah Istimewa Yogyakarta, mereka mengatakan begini komplitnya, 'Ekonomi merupakan bagian dari ranah hukum Islam yang dinamis.' Artinya dinamis itu kan berkembang. Nah, perkembangan teknologi digital berpengaruh pada perubahan alat tukar, bentuk komoditas, maupun pola transaksi," tutur MUI. Link info klik disini

menariknya NFT itu bukan uang krypto, tapi NFT adalah cara para kreator untuk menandai karya digitalnya supaya tidak diakui orang lain. Karena masih ada pro kontra maka ambil salah satu, melalui keyakinan PENULIS maka PENULIS mengambil yang PRO, alasannya :

  1. Bagaimanapun juga Uang Krypto ada manfaatnya, baik dari segi teknologi ataupun dari segi nilai.
  2. Uang Krypto bisa mengatasi kesenjangan ekonomi dan nilai tukar mata uang, contohnya sama-sama uang kertas nilai tukar dollar lebih tinggi dari pada rupian, ini tidak adil
  3. hukum Islam sebenarnya tidak mengatur jenis alat tukar yang harus digunakan. Dalam hukum Islam jenis alat tukar mengikuti kebiasaan suatu komunitas, Islam tidak pernah mengatur alat tukarnya pakai apa. Dan, ternyata Islam tidak pernah menolak itu
  4. Lambat laun banyak orang yang sudah memahami Uang Krypto, yang pasti ada untung dan ada ruginya sebagai manusia meminimalkan rugi dan memaksimalkan untung yang merupakan prinsip ekonomi dasar

Islam tidak ketinggalan zaman tapi Islam merawat dan menjaga zaman.

Artinya, kalau ada bahasa ketinggalan, bukan Islamnya, tapi orang Islamnya.

 

Masuk di NFT bukan untuk cepat kaya, tapi tempat para kreator mulai berkarya

Tidak dipungkiri bahwa hasil berjualan karya di NFT bisa dijadikan salah satu sumber untuk cepat kaya, tapi di MAN 2 BANTUL itu bukan prioritas utama. Prioritas utama adalah menampung kreatifitas seluruh karya siswa MAN 2 BANTUL supaya lebih tertata, bisa dipertontontaonkan ke masyarakat, memfasilitasi siswa yang memiliki karya tapi belum memiliki perangkat yang memadai. Ada yang senang berkarya tapi kurang memahami dunia blockchain kalau belajar butuh waktu maka MAN 2 BANTUL sebagai jembatan untuk meng NFTkan karyanya. Perlu di ingat tidak semua sekolah paham tentang NFT dan belum tau cara bagaimana berjualan dan mencairkan hasil penjualan di NFT, sehingga menjadi salah satu keunggulan dan fenomena unik yang harus segera ditanggkap oleh MAN 2 BANTUL. 

Mekanisme pembagian royalti, hasil penjualan NFT

Karya yang dimasukkan ke NFT MAN 2 BANTUL tidak asal karya tapi harus betul-betul karya yang original dari MAN 2 BANTUL untuk menghindari pelanggaran UU Hakcipta. Disatu sisi siswa MAN 2 BANTUL rata-rata dari keluarga menengah ke bawah, banyak yang tidak berkuliah dikarenakan masalah ekonomi dan bisa jadi NFT ini menjadi salah satu pintu masuk MAN 2 BANTUL membantu peserta didiknya dalam hal ekonomi karena tidak semua pendanaan dibebankan ke dana BOS dan orang tua siswa.

Jikalau suatu hari nanti karya NFT di MAN 2 BANTUL terjual maka mekanisme pembayaran royaltinya adalah sebagai berikut :

  1. Jika karya tersebut berupa foto prestasi siswa, maka hak cipta foto tersebut adalah milik MAN 2 BANTUL sehingga pembagian royalti 60% MAN 2 BANTUL (wajib dirasakan oleh siswa, misal untuk memberikan penghargaan siswa berprestasi atau siswa dalam kesulitan ekonomi dll) dan 40% kreator dan pengelola NFT.
  2. Jika karya tersebut murni buatan siswa maka pembagian royaltinya 80% ke siswa, 15% pengelola NFT, 5% diInfaqkan ke MAN 2 BANTUL. Siswa akan mendapatkan royalti walaupun sudah menjadi alumni.
  3. Jika royalti karya siswa cukup untuk berkuliah dan masih ada sisa, maka siswa tersebut wajib berkuliah, baru sisanya diberikan ke siswa.
  4. Pembagian royalti ini tidak mutlak bisa saja berubah yang intinya tidak akan merugikan semua pihak, justru prinsipnya menguntungkan semua pihak
  5. Seluruh transaksi masuk ke blockchain sehingga pembukuan bisa diakses secara publik pelaoran transparan dan akuntabel

Syarat karya siswa bisa masuk ke NFT MAN 2 BANTUL :

  • Karya wajib dalam bentuk digital (jika dari gambar kertas bisa difoto atau discan)
  • Ada nilai seni dan keunikan
  • Karya hasil tangan kreatif siswa MAN 2 BANTUL
  • Karya bisa bentuk gambar *.jpg, png dll (resolusi minimal 1500px), gif atau video berformat MP4 (resolusi minimal 720P)

Ekonomi narasi sebagai penggerak ekonomi

Dulu pernah ada fenomena tentang bunga gelombang cinta yang harganya gak masuk akal sampai jutaan rupiah. Berlian bisa berharga mahal karena  berlian terbentuk lebih dari 3 milyar juta tahun lalu di dalam kerak Bumi pada lapisan tertentu, panas dan tekanan tertentu menyebabkan atom karbon mengkristal dan membentuk berlian, menambangnya juga susah inilah ekonomi narasi dari batu berlian . Demikian juga EMAS, emas barang berharga karena adanya ekonomi narasi. Bitcoin, etherium ada harganya juga terbentuk karena ekonomi narasi.

Narasi dalam ekonomi menunjukkan bagaimana cerita yang berkembang dalam keseharian kita mampu memengaruhi kondisi perekonomian. Ekonomi narasi (narrative economic) adalah suatu kajian tentang menyebarnya narasi secara viral yang mampu memengaruhi perilaku ekonomi. Bagaimana narasi yang berkembang memengaruhi kondisi, kebijakan, dan perilaku aktor-aktor dalam ekonomi.

Karya di NFT bisa berharga mahal karena ekonomi narasi contohnya foto ghozalli di NFT dihargai 32 juta karena ada penampakannya serta foto selfie ghozali itu unik karena hampir setiap hari ghozali selfie di depan kamera dan diupload di NFT, perkiraan selama 5 tahun sudah ada 900 foto lebih di NFT inilah salah satu kenapa ghozalli di NFT foto selfienya dihargai mahal, karena ada sebuah cerita yang unik di belakang layar.

Pertanyaannya sekarang, silahkan anda kunjungi karya MAN 2 BANTUL di NFT, cari foto yang harganya paling mahal, kenapa foto tersebut mahal dan apa dibalik cerita foto tersebut. Silahkan tulis di komentar, kami tunggu!

NFT bisa untuk menyongsong Bonus Demografi

Yang dimaksud dengan bonus demografi adalah suatu keadaan dimana penduduk yang memasuki usia kerja melebihi penduduk usia tidak produktif. Rentang usia produksi yang dipertimbangkan adalah 15 hingga 64 tahun. Bonus demografi hanya terjadi sekali per negara, jadi perlu untuk memanfaatkan ini sebaik-baiknya.

bonus demografi

 

bonus demografi jepang

Jepang memanfaatkan bonus demografi dengan baik

Salah satu cara Indonesia memanfaatkan bonus demografi adalah menambah peluang kerja, menyiapkan usia produktif memberikan pendidikan sesuai zamannya,karena kedepan banyak pekerjaaan yang digantikan oleh mesin, jika tidak dicarikan solusi akan terjadi banyak pengangguran. NFT bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuka peluang pekerjaan. Pekerja kreatif kedepan adalah pekerja yang tak termakan oleh zaman, di NFT kreatifitas adalah salah satu kunci sukses di dunia NFT. Dengan NFT menjadi salah satu pintu gerbang MAN 2 BANTUL menargetkan 1 tahun 1 technopreneurship selain siswa menjadi konten creator, berjualan online di marketplace.

Masuk di NFT wajib menghargai Hak Cipta

Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Didunia NFT harus mengikuti aturan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. tidak boleh menjual data pribadi baik milik sendiri atau orang lain seperti foto KTP, KK, Surat berharga lainnya di NFT MAN 2 BANTUL.

MAN 2 BANTUL, Madrasah pertama di Indonesia yang masuk ke NFT

Menariknya MAN 2 BANTUL adalah madrasah pertama di Indonesia yang masuk didunia NFT untuk memamerkan prestasi dan karya siswa. model ini sudah sesuai dengan 5 budaya kerja kementerian agama yaitu

  1. INOVASI (selalu melakukan adaptasi pembelajaran dengan teknologi baru khususnya dunia NFT yang bisa menjadi pintu masuk lulusan MAN 2 BANTUL ke dunia Technopreneurship).
  2. KETELADANAN (memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana cara menyikapi fenomena NFT secara bertanggung jawab).
  3. PROFESIONALITAS (mengkaji potensi NFT dimasa depan secara komprehensip dan mengikuti aturan ulama dan pemerintah yang berlaku di Indonesia).
  4. TANGGUNG JAWAB (NFT salah satu cara menjual karya siswa dan MAN 2 BANTUL dengan tanggung jawab karena laporan hasil penjualan terbuka oleh publik dan bisa menhjadi salah satu program Zona Integritas Madrasah). Teknologi blockchain adalah salah satu teknologi yang bisa digunakan mencegah orang untuk berbuat KORUPSI

Self Learning (belajar Mandiri), kunci sukses masa depan

Banyak yang tidak yakin bahwa pembelaran daring tidak akan sebaik pembelajaran tatap muka. Tapi di era teknologi dimasa akan datang sekolah tatap muka akan tergeser atau terdistrupsi dengan sekolah online.ditahun ini sudah mulai terasa distrupsi diduni pendidikan, disurvei menunjukkan bahwa mahasiswa sudah mulai nyaman kuliah secara daring. Pelatihan kerja saat ini juga sudah menggunakan TI dimana kursus sudah tidak tatap muka menggunakan Learning manajemen system, materi bisa dibuka sepanjang waktu kalau lupa, lebih praktis, serta efisien sambil rebahan bisa mendapatkan ilmu yang dibutuhkan. Kursus kursus juga sudah mulai merambah ke online seperti ruang guru dan lain sebagainya. Uang Krypto tidak dipungkiri bisa membuat orang kaya dalam hitungan cepat kalau orang tersebut mau melakukan self learning, belajar mandiri dengan menggunakan teknologi tanpa ada guru secara fisik. Gurunya adalah mesin, gurunya adalah komputer, gurunya adalah tulisan-tulisan digital seperti artikel ini, gurunya adalah kemauan sendiri untuk mau belajar (Self Learning). Sedangkan untuk nilai-nilai memang tidak bisa semua model digital dan hanya bisa dilakukan secara tatap muka, tapi ada juga orang yang sudah memiliki karakter yang bagus dan hanya mau mencari ilmu, yang tatap muka juga banyak memiliki siswa yang tak berkarakter bahkan sesorang guru mencabuli muridnya yang merupakan produk dari tatap muka. Jadi karakter siswa itu bagaimanapun juga akan kembali ke siswa itu sendiri, jika siswa tersebut memang sudah tidak bagus karakternya di kasih pendidikan seperti apapun tidak akan bisa merubah karakternya, demikian sebaliknya. Kuliah Online dkedepan menjadi salah satu alternatif manusia untuk belajar ketingkat lebih lanjut, dengan titel yang sama dengan kuliah konvensional/tatap muka mendapatkan gelar S1, S2 dan S3 akan menjadi salah satu fenomena yang menarik. Kampus Online tidak perlu gedung yang mahal, cukup menggunakan metavers membangun gedungnya dengan anggaran lebih murah, bertatap muka dengan avatar maka belajar akan lebih menyenangkan tidak menjemukan dan sosialisasinya tetap ada walaupun didunia virtual, bahkan perusahaan meta dari facebook sudah mengembangkan teknologi sarung tangan jikalau memegang benda maka seakan akan memegang benda tersebut walaupun itu didunia virtual. Kuliah online adalah salah satu transformasi manusia di dunia pendidikan, diluar negeri di Amerika serikat kuliah online sudah mulai bertebaran >>silahkan klik link ini<<, untuk di Indonesia ada salah satu Universitas Online yaitu Universitas Siber Muhammadiyah yang merupakan Universitas full online dengan program studi Informatika, Sistem Informasi, Akuntansi, Hukum, Manajemen, Administrasi kesehatan, untuk informasi bisa klik link di bawah ini 

Link Universitas Sibermu http://sibermu.ac.id/admisi


 Keyakinan, adalah langkah kecil manusia mengubah dunia


Catatan penting : 

Artikel ini penulis kaji dari 1 tahun yang lalu, baru memberanikan diri ditulis di web MAN 2 BANTUL di bulan Januari tahun 2022 karena informasinya dirasa sudah cukup untuk di publikasikan.

 

Materi Terkait seputar Blockchain

 

Prokontra Uang Krypto :

Halal/boleh

Haram

 

Sumber :

Info Penulis
Joko supriyanto
Author: Joko supriyantoEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Artikel yang ditulis

Artikel terkait Lainnya

Artikel Lainnya

Top