MAN 2 Bantul Adakan Seminar Jurnal Ilmiah Bersama UIN Sunan Kalijaga

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

utama news 20210723064013Bantul (MAN 2 Bantul)- Salah satu tujuan pendidikan yakni mengembangkan sumber daya manusia. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pelatihan maupun pengajaran dengan didampingi oleh pelatih atau pendidik. Pendidik dituntut untuk dapat mencapai hasil akhir yang berkualitas dari sebuah pembelajaran. Selain mendidik, pendidik juga mempunyai tugas lain yakni mengembangkan kemampuan dan keterampilannya agar terus berjalan seiringan dengan cita-cita bangsa. Berdasarkan Peraturan Menteri no. 16 tahun 2009 dijelaskan bahwa guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah atau pengembangan karya inovatif, tentunya peraturan ini dibuat sesuai dengan cita-cita bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya.

Memahami pentingnya PKB untuk pendidik, MAN 2 Bantul mengadakan seminar dengan topik Pembuatan Jurnal Ilmiah Untuk Guru MAN 2 Bantul yang diselenggarakan pada Senin (12/7/2021) secara virtual melalui zoom meeting. Dalam acara tersebut, Madrasah menggandeng FAK Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga sebagai narasumber utama. Kerjasama tersebut setidaknya dihadiri oleh enam dosen yakni Ika Kartika, M.Pd.Si sebagai dosen Pendidikan Fisika, Suparni, S.Pd.M.Pd sebagai dosen Pendidikan Matematika, Dian Noviar, M.Pd.Si dosen Pendidikan Biologi, Runtut Prih Utami, M.Pd sebagai dosen Pendidikan Biologi, Iva Nandya Atika, S.Pd.M.Ed Dosen pendidikan Fisika dan Iqbal Ramadani Dosen Pendidikan Matematika. Kegiatan yang dimulai pukul 08.45 diakhiri pukul 12.15 WIB tersebut membahas tentang jurnal ilmiah, artikel ilmiah serta pengoperasian jurnal elektronik.

Suparni mengatakan “Rencana kegiatan kita mendatang ialah pembuatan jurnal ilmiah untuk guru, pendampingan karya tulis ilmiah,pelatihan metodologi penelitian, pelatihan penyusunan dan media bahan ajar serta pelatihan penelitian tindakan kelas”. Ia juga menegaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Semakin maju pendidikan, semakin maju pula negara tersebut. Oleh karenanya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah dalam menampung kretivitas sekaligus mengembangkan PKB sehingga MAN 2 Bantul dapat menjadi pilot project Madrasah Riset di DIY yang dikenal masyarakat luas.(ken)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter