Batik Kontemporer Karya Keatifitas Siswa MAN 2 Bantul

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

utama news 20210426130144Bantul(MAN 2 Bantul)- Batik tulis adalah karya leluhur indonesia yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia dan sudah turun temurun dilesarikan oleh para budayawan dan oleh masyarakat secara umum, bahkan batik yang dulunya dipakai sebagai sinjang atau jarik untuk pakaian adat jawa sekarang sudah berkembang menjadi berbagai benda yang berfungsi lain dari fungsi aslinya dimasa lalu. Selain baju batik juga dipakai sebagai sapu tangan, hiasan dinding, motif bis atau kereta api, dan menjadi desain motif untuk benda disekitar.

Pada sabtu (24/4/2021) siswa siswi MAN 2 Bantul menyelesaikan karya batik tulis bertema kontemporer dimana batik tulis itu adalah sebagai materi mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan  PKWU kelas reguler di MAN 2 Bantul. Dalam prakteknya para siswa memulai dari membuat desain secara mandiri , menuangkan pada selembar kertas, menyalin pada kain putih, mencanting, menyolet, mengunci warna, melorod hingga mengeringkan nya.

Menurut Riyadi Setyawan S.Sn selaku guru yang mengampu mapel PKWU menjelaskan bahwa para siswa sangat menikmati proses pembelajaran meski dalam masa pandemi. Para siswa dipersilahkan untuk membuat desain sesuai dengan kreatifitas mereka masing-masing sehingga karya yang dihasilkan adalah murni dari para peserta didik. Hal ini dilakukan untuk melatih tingkat kreatifitas dan ketajaman dalam menuangkan ide menjadi sebuah karya seni.” Saya sengaja memilih batik dengan tema kontemporer karena hal ini sangat membantu mengasah kemampuan siswa dalam menuangkan ide dalam sebuah karya” ujarnya di MAN 2 Bantul. (rys)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter