Fakta unik printer 3 Dimensi, apa ada hubungannya dengan Multimedia MAN 2 BANTUL?

Keuntungan Jual 3D Printer 670x300

Tahukah Anda apa itu printer 3D? Pernahkah Anda melihat printer 3D? Atau apakah Anda sudah menggunakannya? Printer 3D dapat mencetak suatu objek secara nyata atau tiga dimensi tergantung dari apa yang kita desain dalam suatu aplikasi. Ada juga printer 3D di laboratorium Multimedia MAN 2 BANTUL, penasaran dengan alat yang sangat canggih ini? Mari kita lihat fakta menarik ini.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

3D Printing itu Apasih ?

Pencetakan 3D adalah teknologi yang dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1980. Sejak itu, printer 3D telah berkembang dengan mantap dan banyak digunakan di berbagai negara. Pencetakan 3D menggunakan printer khusus untuk membuat bentuk tiga dimensi. Printer memiliki kecanggihan khusus, yaitu dapat mencetak objek seperti gambar pada gambar dalam satu aplikasi, tentunya dalam 3D (tidak lagi terbatas pada pencetakan gambar pada satu kertas) .

1. Teknologi 3D printing sudah ada sejak lama
Teknologi ini sebenarnya bukan hal baru. Kita dapat mengatakan bahwa pencetakan 3D menyebabkan kegemaran di tahun 2000-an ketika publik menemukan teknologi FDM (Fused Deposition Modeling) dan filamen nilon. Eksperimen dan paten pada pencetakan 3D pertama kali muncul pada 1980-an.

2. Bahan cetak 3D tanpa batas
Pencetakan 3D juga berkembang dari segi bahan. Jika plastik, logam dan damar menawarkan peluang besar. Para peneliti sedang mengembangkan bahan baru, sehingga teknologi ini dapat memenuhi setiap kebutuhan yang mungkin. Kayu cetak 3D, keramik, atau daging cetak 3D. Kemungkinan bahan yang bisa digunakan tidak akan ada habisnya.

3. Pencetakan 3D menyelamatkan nyawa
Pencetakan 3D memainkan peran penting dalam industri medis. Teknik pembuatan ini sangat membantu ahli bedah dan dokter dalam pekerjaan sehari-hari mereka, seperti rekam medis yang dapat dicetak dengan printer 3D, membuat salinan organ menggunakan printer 3D, bahan percobaan atau pelatihan dan pembuatan peralatan bedah. Inilah sebabnya mengapa pencetakan 3D dapat membantu menyelamatkan nyawa di banyak tingkatan di dunia medis.

Beberapa hal menakjubkan telah dicetak pada printer 3D

1. Bagian Tubuh Manusia Di masa depan, printer 3D dapat digunakan di bidang medis. Dilaporkan oleh List Verse, seorang insinyur di Cornell University di New York pernah membuat telinga palsu yang dilengkapi dengan printer 3D. Dia mengambil sel dari tulang rusuk pasien, mencampurnya dengan gel, dan menggunakan printer 3D untuk mencetaknya. Setelah telinga menempel, tulang rawan mulai tumbuh.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

2. Printer 3D
Printer 3D bahkan dapat membuat printer 3D lain yang biasa dikenal dengan RepRap (Replicating Rapid Prototyper). Pada tahun 2008, mesin itu diuji di University of Bath di Inggris. RepRap berhasil membuat salinan dirinya hanya dalam tiga menit. Di masa depan, teknologi ini akan digunakan lebih luas untuk berbagai aspek kehidupan. Dari bidang arsitektur, otomotif, interior, aerospace, kedokteran, pendidikan dan lain-lain. Dari situlah muncul berbagai software open source yang dibuat untuk memudahkan proses pencetakan 3D.

3. House
Pada tahun 2018, sebuah perusahaan di San Francisco mencoba membuat prototipe rumah menggunakan printer 3D. Sebuah printer bernama Vulcan membutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk membuat prototipe rumah tiga dimensi. Ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki masalah mediasi di masa mendatang.

4. Makanan
Dilaporkan dari Semua 3DP, dari pizza hingga kue kering hingga daging olahan, dibuat menggunakan printer 3D. NASA bahkan menggunakan mesin ini untuk menguji astronot. Caranya cukup sederhana, cukup ganti plastik dengan bahan yang bisa dimakan. Printer 3D hanya perlu mencetak lapis demi lapis.

Apa hubungannya dengan keterampilan Multimedia di MAN 2 BANTUL

Multimedia itu sangat luas cakupannya. Tidak hanya desain dua dimensi tapi desain 3 dimensi masuk kategori multimedia. Di MAN 2 BANTUL ada keterampilan multimedia yang kedepan akan diajarkan juga desain tiga dimensi untuk keperluan Animasi, Printer 3 Dimensi dan lain sebagainya

Contoh hasil cetak printer 3 Dimensi 01

Contoh hasil cetak printer 3 Dimensi 02

 Sumber :

https://ee.itk.ac.id/berita/detail/pengetahuan-teknik-elektro-mengenal-3d-printing

https://fomustudio.com/keuntungan-jual-3d-printer/

https://fomustudio.com/manfaat-spektakuler-mesin-3d-printing/

https://www.youtube.com/c/JokoVlog

 

Info Penulis
Joko supriyanto
Author: Joko supriyantoEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Artikel yang ditulis

Artikel terkait Lainnya

Random Artikel

TENTANG KAMI

MA Negeri 2 Bantul atau MAN 2 Bantul (dahulu bernama MAN Sabdodadi Bantul) merupakan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) atau SMA (Sekolah Menengah Umum) berbasiskan ajaran agama Islam. Program unggunan Keterampilan Multimedia, Otomotif, APHP, Kriya Logam, Tata Busana. VISI Terwujudnya Madrasah yang Unggul Terampil Inovatif Agamis RamaBerwawasan Global dan Santun disingkat MUTIARA BANGSA. Sekolah ini berada di Jl. Parangtritis km 10,5 Bantul. Anda bisa menghubungi kami dengan telepon ke (0274) 367158

 

Peta Lokasi

Top