Apa itu Blockchain? fungsi di masa depan bikin geleng-geleng

914739236

Pada dasarnya, blockchain adalah transaksi digital berdasarkan struktur di mana setiap catatan individu, yang disebut blok, ditautkan ke dalam satu daftar, yang disebut rantai. Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung dengan enkripsi. Penggunaan teknologi blockchain tidak dapat dipisahkan dari Bitcoin dan cryptocurrency, tetapi banyak industri dapat mengambil manfaat dari teknologi tersebut.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

Menurut sistem penamaannya, blockchain sendiri terdiri dari dua kata, yaitu block atau rantai atau chain yang berarti kumpulan. Ini mencerminkan perilaku blockchain yang menggunakan sumber daya komputasi untuk membuat blok (rantai) yang saling berhubungan dan melakukan transaksi. Blockchain adalah kumpulan catatan yang dikelola oleh sekelompok komputer yang bukan milik satu entitas. Blok data yang berbeda ini dilindungi oleh prinsip-prinsip kriptografi dan dihubungkan bersama. Jaringan tidak ada otoritas pusat. Ini berisi catatan buku besar bersama yang tidak dapat diubah, sehingga semua informasi di dalamnya terbuka untuk siapa saja yang ingin melihatnya. Untuk alasan ini, semua yang dibangun di blockchain pada dasarnya transparan dan semua orang yang terlibat bertanggung jawab atas tindakan mereka. Selain itu, blockchain juga tidak memiliki biaya transaksi seperti biaya infrastruktur. Oleh karena itu, blockchain adalah cara paling sederhana namun paling cerdas untuk mentransfer informasi dari A ke B. secara otomatis dan aman. Blok yang dikandungnya divalidasi oleh jutaan komputer dan didistribusikan melalui Internet. Blok yang divalidasi ini kemudian ditambahkan ke rantai dan didistribusikan melalui jaringan khusus untuk membuat catatan dan riwayat yang unik.

Misalnya, membeli tiket pesawat dari aplikasi atau situs web. perusahaan kartu kredit melakukan pemotongan untuk memproses transaksi. Dengan menggunakan blockchain, operator maskapai tidak hanya dapat menghemat biaya pemrosesan kartu kredit, tetapi juga memindahkan seluruh proses tiket ke blockchain. Hanya ada dua pihak yang terlibat dalam transaksi, maskapai dan penumpang. Tiket adalah blok yang dapat ditambahkan ke blockchain tiket. Sama seperti transaksi emas adalah catatan unik di blockchain, beberapa dapat diverifikasi dan beberapa tidak. Blockchain yang disertakan dalam tiket juga merupakan catatan semua transaksi untuk kereta tertentu atau seluruh jaringan kereta api dan mencakup semua tiket yang terjual pada semua perjalanan yang dilakukan sejauh ini. Ada banyak cara untuk memanfaatkan teknologi blockchain, terutama di sektor keuangan.

Di bidang keuangan, teknologi blockchain seperti buku besar digital yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja kapan saja tanpa persetujuan bank atau lembaga keuangan lainnya. Teknologi ini secara otomatis membuat semua transaksi lebih aman dan transparan, meminimalkan penyalahgunaan data seperti korupsi dan suap. Perbankan dan keuangan adalah contoh area lain di mana teknologi blockchain dapat digunakan. Tidak ada industri yang dapat mengambil manfaat dari menghubungkan ke blockchain dalam bisnis mereka selain bank. Lembaga keuangan biasanya hanya buka selama jam kerja dan lima hari seminggu. Teknologi Blockchain memungkinkan konsumen untuk menyelesaikan transaksi keuangan dalam waktu 10 menit. Waktu ini biasanya diperlukan untuk menambahkan "blok" ke blockchain. Selain itu, Anda dapat melakukan transaksi berharga di akhir pekan dan hari libur lainnya. Selain itu, blockchain memungkinkan bank untuk menukar uang antar lembaga keuangan lebih cepat. Misalnya dalam perdagangan saham, kliring dan settlement bisa memakan waktu hingga 3 hari (atau lebih untuk transaksi internasional). Artinya, uang dan saham dibekukan untuk periode tersebut.

Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan blockchain untuk mengamankan catatan medis pasien. Setelah file medis dibuat, Anda dapat menyimpannya ke blockchain. Sehingga dapat memberikan bukti dan memberikan keyakinan kepada pasien bahwa rekam medis pasien tidak dapat diubah. Catatan medis yang sangat pribadi ini dapat dienkripsi dengan kata sandi pribadi dan disimpan di blockchain sehingga hanya individu yang ditunjuk yang dapat mengakses dan mengamankannya. Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan blockchain untuk mengamankan catatan medis pasien. Setelah file medis dibuat, Anda dapat menyimpannya ke blockchain. Sehingga dapat memberikan bukti dan memberikan keyakinan kepada pasien bahwa rekam medis pasien tidak dapat diubah. Catatan medis yang sangat pribadi ini dapat dienkripsi dengan kata sandi pribadi dan disimpan di blockchain sehingga hanya individu yang ditunjuk yang dapat mengakses dan mengamankannya.

Sumber :

https://sibermu.ac.id/lintas-sibermu-1-blockchain/

 

Klik Info Penerimaan Siswa Baru
Info Penulis
Joko supriyanto
Author: Joko supriyantoEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Artikel yang ditulis

Artikel terkait Lainnya

Artikel Lainnya

Top