Apa arti dari DCIM? Kenapa semua kamera menyimpannya disini?

recover dcim folder thumbnail copy

Tidak peduli kamera apa yang Anda gunakan, DSLR atau HP, Canon atau Nikon, Samsung atau Xiaomi... foto selalu tersimpan di folder DCIM. Bahkan jika Anda menemukannya di folder bernama "100EOS5D", "101MSDCF", "Camera", dll., asalnya adalah DCIM. Jadi apa sebenarnya DCIM itu?
DCIM adalah singkatan dari Digital Camera IMage. Folder ini adalah folder default yang digunakan semua kamera sebagai referensi untuk menyimpan foto mereka. Ketika kamera tidak dapat menemukan folder ini, misalnya karena Anda menghapusnya di explorer, folder DCIM secara otomatis akan dibuat ulang.
Ini adalah salah satu ketentuan yang disebut DCF (Design rule for Camera File system). DCF diproduksi oleh institut teknologi di Jepang, JEITA (Japan Electronics and Information Technology Industry Association). DCF mengelola struktur direktori, nama file, format, dan metadata. Pada dasarnya, DCF memastikan bahwa semua kamera kompatibel satu sama lain dalam hal penyimpanan data dan memungkinkan perangkat lunak mengenalinya dengan mudah untuk dilihat atau ditransmisikan.
DCF juga mengatur penamaan subdirektori yang dikandungnya. Kemudian Anda akan menemukan folder seperti 100EOS5D di Canon, 100MSDCF di Sony atau 100ANDRO di Android. Karena subfolder harus mengikuti aturan: mulai dengan nomor tiga digit, diikuti dengan nama bebas tergantung pada kamera. Dalam subfolder, file gambar disimpan.

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

tvas052726

Anda juga mungkin akan menemukan folder .thumbnail. Folder ini menyimpan file thumbnail (gambar kecil) yang dihasilkan secara otomatis saat Anda mengambil foto. Tujuannya adalah untuk memungkinkan perangkat lunak (atau kamera itu sendiri) untuk membuat perpustakaan gambar lebih cepat. 

insideDCIMtumb

Dengan mekanisme yang dihasilkan DCF ini, Anda tidak perlu melihat atau memindahkan foto secara manual melalui Windows Explorer, di mana Anda perlu menavigasi ke subfolder. Anda dapat menggunakan software penampil foto yang biasanya dapat membaca folder DCIM dan secara otomatis menampilkan kumpulan semua gambar di dalamnya tanpa Anda harus membuka folder tersebut.
Contoh: Untuk Android, bukankah saat disambungkan ke PC melalui USB ada pilihan: File Transfer (MTP) dan Photo Transfer (PTP)? Jika Anda hanya ingin melihat atau memindahkan foto, pilih PTP, karena PC akan langsung melihat foto berdasarkan folder DCIM ini.

Untitled 2hp

Bagi siswa yang mengikutim kelas multimedia di MAN 2 BANTUL untuk mencari gambar di merk kamera apapun, gambar bisa dibuka di folde DCIM ini, folder DCIM ini sudah standar Internasional

Sumber:

Klik Info Penerimaan Siswa Baru

http://rumaheditor.com/

https://voi.id/en/technology/

Info Penulis
Joko supriyanto
Author: Joko supriyantoEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Artikel yang ditulis

Artikel terkait Lainnya

Artikel Lainnya

TENTANG KAMI

MA Negeri 2 Bantul atau MAN 2 Bantul (dahulu bernama MAN Sabdodadi Bantul) merupakan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) atau SMA (Sekolah Menengah Umum) berbasiskan ajaran agama Islam. Program unggunan Keterampilan Multimedia, Otomotif, APHP, Kriya Logam, Tata Busana. VISI Terwujudnya Madrasah yang Unggul Terampil Inovatif Agamis RamaBerwawasan Global dan Santun disingkat MUTIARA BANGSA. Sekolah ini berada di Jl. Parangtritis km 10,5 Bantul. Anda bisa menghubungi kami dengan telepon ke (0274) 367158

 

Peta Lokasi

Top