KEGIATAN MANASIK HAJI MAN SABDODADI BANTUL

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

DSC 0812 FILEminimizer

Berdasarkan informasi dari kementrian Agama kabupaten Bantul bahwa pendafta calon jamaah haji saat ini keberangkatannya sudah mencapai tahun 2029 atau lima belas tahun lagi, jika sekiranya para siswa yang saat ini duduk dikelas XI, 5, 6 tahun lagi baru selesai jenjang perguruan tinggi (jika ia melanjutkan) dan 9, 10 tahun lagi kemungkinan ia baru mapan secara ekonomi atau finansialnya, ini artinya paling tidak lima belas tahun lagi ia baru bisa mendaftarkan diri untuk pergi berhaji, secara matematik tiga puluh tahun kedepan berapa tahun lagi ia harus urut mengantri, itu pun belum tentu mampu mendaftar atau tidak.

Satu tantangan tersenderi bagi pelajaran fikih, untuk itu dalam hal ini dituntut agar siswa dalam memahami pelajaran fikih tentang materi haji bisa med atau mempunyai gambaran kongkrit sehinga sekiranya nanti kembali ditengah masyarakat dapat mengapresiasi atau menjelaskan secara benar.

Cakupan SKL pada pelajaran fikih mengamanatkan bahwa memahami hukum Islam tentang haji dan hikmahnya, dan pada kompetensi dasarnya siswa mempraktekkan pelaksanaan haji sesuai ketentuan perundang-undangan tentang haji. Sementara untuk praktek secara keseluruhan dengan alokasi waktu sebagaimana dalam silabus tidak mencukupi.

Tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah Al Mukaromah dan Madinatul Munawaroh. Disamping itu juga masih ada beberapa bapak ibu guru yang belum mendaftarkan diri untuk berhaji.

Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah membelakali siswa tentang ibadah haji secara praktek dilapangan, membentuk karakter siswa yang akan dikembangkan di masyarakat, memperkenalkan pada masyarakat luas agar lebih mengerti program-program madrasah

Tempat dan waktu pelaksanaan Pelaksanaan manasik tahun 2014 direncakan dilingkungan Madrasah Sabdodadi meliputi; halaman madrasah (sebagai masjidil harom dan juga sebagai pondokkan), dan lapangan keyongan sebagai ARMINA (arofah, muzdalifah, dan mina)

Adapun waktu pelaksanaannya direncakan hari sabtu tanggal 24 Mei 2014 jam 07.00 sampai selesai, masing masing pembimbing regu mengatur anggota regunya mulai dari persiapan sampai pelaksanaannya, sehingga pembimbing regu juga aktif ikut prosesi haji seperti di masjidil harom dan di armina (Mekkah Al Mukaromah), disamping itu juga mengatur pembagian konsumsi yang sudah disediakan panitia, jika sudah selesai pembi masih bertanggung jawab menarik kembali seragam ihrom bagi yang laki-laki.

Pesewrta terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA dan IPS berjumlah 162 siswa, siswa putra terdiri 74 .siswa dan siswa putri terdiri 88 .siswa, dengan ditambah bapak dan ibu guru serta karyawan MAN Sabdodadi Bantul sebanyak 60 orang sebagai panitia pendamping. Selanjutnya peserta dikelompokkan menjadi 4 rombongan yang dipimpin oleh seorang ketua rombongan dan masing masing rombongan terdiri dari 4 regu yang dipimpin oleh seorang ketua regu dan masing-masing regu terdiri dari 10 dan 11 orang anggota.

Panitia pelaksanaan manasik haji dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dibawah kordinasi Kanit Agama yang mengacu pada pelaksanaan haji dari Kementrian Agama yaitu oleh TPIH (tiem pemandu ibadah haji) dan TPHI (tiem penyelenggara haji Indonesia). Kepanitian melibatkan seluruh guru dan karyawan MAN Sabdodadi Bantul

Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan ini diperlukan beberapa perlengkapan yaitu miniature kabah, tempat jamarot, baju ikhrom, buku panduan, baner, tiga batang bambu

DSC 0708 FILEminimizer

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter