Cari Solusi Pembelajaran, Guru Fisika MAN 2 Bantul Adakan Polling Siswa

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Cari Solusi Pembelajaran Guru Fisika MAN 2 Bantul Adakan Polling SiswaBantul (MAN 2 Bantul) – Mata pelajaran Fisika di semua tingkatan sekolah atau madrasah dikenal sebagai mapel paling sulit dibanding yang lain. Kenyataan itu memunculkan berbagai kreativitas dan inovasi dari para guru Fisika untuk menemukan jalan terbaik memahamkan para siswanya. Namun cara mencari solusipun juga tidak semudah membalik telapak tangan karena diperkirakan sebagian siswa sudah trauma mendengar kesulitan mata pelajaran eksak ini sehingga permasalahannya berada di dalam hati siswa. Mungkin salah satu cara mencari solusi adalah menanyakan pendapat siswa.

Demikian yang dilakukan oleh guru Fisika MAN 2 Bantul Edy Purwanto, S.Pd, M.Pd.Si pada Selasa (20/5/2020) telah berhasil membuat perangkat sederhana dengan media google form yang bisa digunakan sebagai instrumen untuk polling  atau jejak pendapat siswa tentang pelajaran Fisika. Perangkat polling itu sengaja dibuat oleh Ketua MGMP Fisika MA DIY itu untuk mengetahui penilaian siswa terhadap mata pelajaran Fisika dan pendapat mengenai cara guru mengajar serta diakhiri dengan pertanyaan mengenai ekspektasi atau harapan siswa tentang pelajaran Fisika.

Audiens atau subyek polling adalah siswa kelas X MIPA1,2,3 dan XI MIPA1,2,3 dishare melalui wali kelas masing-masing ditujukan kepada grup-grup kelas. Setelah dua hari diluncurkan, sudah sekitar seratus pendapat siswa yang masuk ke admin google form. Berbagai pendapat yang secara garis besar adalah curhat (curahan hati) siswa tentang pembelajaran Fisika. Sebagian besar menyampaikan kesulitan mempelajari Fisika sehingga menginginkan agar guru lebih sabar membimbing siswa disertai harapan untuk lebih variatif dalam proses pembelajaran. (edp)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter