Tugas Online Mapel Sejarah MAN 2 Bantul, Munculkan Hikmah Mendalam Sosok Kartini

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Tugas Online Mapel Sejarah MAN 2 Bantul Munculkan Hikmah Mendalam Sosok KartiniBantul (MAN 2 Bantul) – Masa-masa belajar di rumah bagi para siswa sekolah atau madrasah terkait wabah covid-19 memunculkan berbagai dinamika di dunia pembelajaran di semua jenjang atau tingkat pendidikan. Tugas-tugas bagi siswa yang mengharuskan penggunaan aplikasi online menuntut para guru untuk berkreasi dalam menata dan menyusun materi pembelajarannya. Memang tidak mungkin bisa sama dengan saat tatap muka di kelas sehingga materi yang diberikan, tugas yang harus dikumpulkan oleh para siswa harus kompleks dan penuh dengan variasi agar tidak jenuh.

Demikian yang diberikan oleh Sri Suharyanti, S.Pd. guru Sejarah MAN 2 Bantul yang pada Selasa (21/04/2020) memberikan tugas kepada siswa khusus hari itu dengan meminta siswa mengeksplore hikmah dari seorang Kartini menurut para siswa. Ternyata guru yang biasa dipanggil Bu Anti tersebut tidak menyangka banyak hikmah yang dimunculkan oleh para siswa saat mengumpulkan tugas mereka yaitu  hikmah yang amat mendalam yang dituliskan oleh anak-anak madrasah keterampilan Bantul.

Salah satu siswa kelas XI IPS1 bernama Viola mengumpukan sebuah kata-kata hikmah yang berasal dari pahlawan nasional ibu kita Kartini yang berbunyi “sifat beliau yang bisa kita teladani : berani dan optimis, sederhana, rela berkorban, perhatian dan cerdas”. Menurut Anti, karya-karya siswa seperti itulah yang ia maksudkan untuk memunculkan banyak hikmah yang dapat dipetik dari seorang Kartini. Berani sampai rela berkorban ternyata menjadi modal bagi Kartini untuk mengangkat emansipasi wanita saat itu. Bahkan sampai kematian Kartini di usia 25 tahun menjadi bukti besarnya pengorbanan beliau. (edp)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter