Implementasikan Madrasah Keterampilan, MAN 2 Bantul Lepas Ratusan Siswa PKL

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

utama news 20200307114012Bantul (MAN 2 Bantul) – MAN 2 Bantul termasuk tipe madrasah keterampilan yang mempunyai ciri khas memiliki program khusus keterampilan siswa. Ada 5 program keterampilan yang telah dilaksanakan oleh madrasah keterampilan Bantul tersebut yaitu keterampilan multimedia, otomotif, las, tata busana dan TPHP (Teknologi Pengolahan Hasil Pangan). Kelima program tersebut telah diinkludkan ke dalam kurikulum madrasah dalam bentuk pembelajaran keterampilan. Untuk mengimplementasikan program keterampilan tersebut, siswa diterjunkan ke dunia usaha dan dunia industri dengan kegiatan PKL (Praktik Keterampilan Lapangan).

Kegiatan PKL diperuntukkan bagi siswa kelas XI MIPA dan IPS dengan pembimbing semua guru MAN 2 Bantul membimbing dua sampai tujuh siswa setiap guru. Usai koordinasi PKL, pada Selasa (3/3/2020) hampir seluruh pembimbing melakukan penyerahan siswa PKL ke berbagai tempat pelaksanaan yang berada di sekitar madrasah. Diantara 46 guru yang melaksanakan penyerahan siswa adalah H. Moh Sukron, S.Pd. yang melaksanakan serah terima siswa di pembuat roti Widya yang beralamat di Suren Wetan Canden Jetis Bantul. H. Sukron menyerahkan 4 siswa bimbingannya kepada instruktur PKL.

galeri utama0 af2aa7c8b44b50008000fdc8daaaaa90 20200307114012

Guru pembimbing lainnya yang dipantau pembuat berita adalah Drs. Tohari Suyuti, MA yang menyerahkan 5 siswa ke Nadya penjahit dan konveksi yang beralamat di Jl. Parangtritis km 22. Hampir seluruh pembimbing hari itu menyerahkan ratusan siswa kelas XI ke tempat PKLnya dan diterima dengan senang hati oleh pemilik sekaligus instruktur PKL untuk berlatih dalam waktu 40 hari. Bahkan ada beberapa tempat PKL yang secara jujur memberikan apresiasi kepada para siswa MAN 2 Bantul yang melaksanakan PKL tahun kemarin karena mempunyai kinerja yang lebih baik dari siswa SMK. Temuan ini otomatis menjadi penyemangat MAN 2 Bantul sebagai satu-satunya madrasah keterampilan di Bantul. (edp)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter