Berkurban Ajang Pembelajaran Siswa MAN 2 Bantul

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

FormatFactory_DSC0025.jpg

Bantul (MAN 2 Bantul)-Sudah Selayaknya pendidik mengajarkan pendidikan agama tidak hanya dalam teorinya saja, akan tetapi juga praktiknya. Hal ini yang juga diterapkan oleh stakeholder MAN 2 Bantul. Guru-guru melibatnya peran aktif siswa dalam salah satu ajaran agama yang diperantarkan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail yaitu berkurban. Siswa diajarkan dan dituntun mulai dari penanaman diri untuk mau menyisihkan sedikit harta guna berkurban dan pemotongan hewan kurban hingga pendistribusian daging. Pembelajaran ini semua dikemas dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H Senin (12/8) di MAN 2 Bantul.

“Praktik kurban ini sebagai fasilitas pembelajaran kepada seluruh siswa, bapak ibuk guru, dan karyawan. Walaupun memang sudah ada yang aktif di masyarakat, akan tetapi juga masih ada yang belum aktif dan dapat belajar tentang manajemen pembagian manajemen pemotongan”, tandas Kepala Unit Keagamaan MAN 2 Bantul Drs. H. Amrullah.

Iuran yang sudah dikumpulkan baik dari siswa, guru dan karyawan Man 2 Bantul cukup untuk membelikan 1 ekor sapi yang kemudian dikurbankan. 150 kilogram daging setelah dibagi kepada masing-masing kelas guru dan karyawan kemudian didistribusikan juga ke SMP Patria dan dusun sekitar madrasah seperti dusun dukuh dan dusun keyongan.

FormatFactory_DSC0189.jpg

Lomba masak antar kelas juga menambah kemeriahan peringatan hari raya kurban MAN 2 Bantul. Mulai dari menu masakan sate hingga steak disajikan perwakilan kelas dengan terampil dan platting yang menarik. Lomba ini diharapkan dapat memupuk kerja sama team kurukunan dari siswa antar kelas.

Wakil Kepala Madrasah bidang Humas M. Masruri S.Pd.I menambahkan, “Selain Sapi dari Madrasah, kita juga mendapatkan bantuan 1 Kambing dari Kemenag Kabupaten Bantul dari hasil kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri yang sudah disembeleh di halaman Kantor Kemenag Bantul. (AFA)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter